Selasa, 21 Juli 2009

Inovasi, Wujud Pelayanan Terbaik ke Masyarakat Sinjai


SINJAI meraih Award terbanyak plus Grand Award dan nominasi pada Otonomi Award 2009. Inovasi yang dilakukan bukan untuk meraih award, tetapi memajukan kesejahteraan rakyat, memberikan pelayanan terbaik kepada warga Sinjai, sesuai amanah yang dipercayakan rakyat. Berikut wawancara Bupati Sinjai, Andi Rudiyanto Asapa dengan Peneliti FIPO, Milawaty.



*Bagaimana Anda melakukan begitu banyak inovasi?
Saya percaya bahwa tidak ada kemajuan tanpa inovasi, tiada kemajuan tanpa keberanian melakukan perubahan-perubahan , walau harus diakui bahwa melahirkan sebuah inovasi baru, bukan hal mudah, sarat dengan tantangan dan butuh kerja keras dan kemauan yang tinggi untuk mewujudkannya. Tentunya inovasi yang berbuah award akan menjadi menjadi motivasi bagi Sinjai untuk melanjutkan inovasi-inovasi baru lagi bagi rakyat Sinjai di masa datang.

*Kebijakan apa yang ditempuh dalam pengembangbiakan sapi perah?
Fokus utama kami adalah pemberdayaan ekonomi kerakyatan untuk mengantar masyarakat Sinjai ke arah kemandirian. Potensi ekonomi lokal kami arahkan dikelola secara optimal dan bijaksana, dengan memasukkan inovasi, proses pengolahan yang bermutu, memberikan sentuhan teknologi sederhana, sehingga potensi dan produk lokal memiliki nilai tambah yang besar.

* Apa yang diharapkan dari program otonomi award di tahun mendatang?
Secara metodologi penilaian saya kira sudah cukup baik. Kami berharap pelaksanaannya di tahun mendatang bisa lebih baik lagi. Mungkin ada tambahan indikator lagi yang bisa dinilai di daerah sehingga kami pun terpacu untuk menjadi lebih baik lagi dari apa yang telah kami peroleh sebelumnya.

* Kabupaten Sinjai juga meraih nominasi. Bagaimana meningkatkannya jadi lebih baik?
Inovasi memang tak kenal kata akhir, butuh waktu untuk selalu menyempurnakannya. Sesungguhnya, meraih nominasi-nominasi itu memang patut disyukuri dan membanggakan, tetapi terus terang kami belum puas. Kami terus akan melakukan inovasi dan penyempurnaan, pembenahan lebih lanjut, terutama pada aspek sosialisasi, publikasi, dan dokumentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar