Selasa, 21 Juli 2009

Kerja Keras Buahkan Hasil Gemilang



KABUPATEN PANGKEP sebagai salah satu peraih Otonomi Award dari sejumlah award yang dianugerahkan kepada kabupaten-kota di Sulawesi Selatan. Tentunya penghargaan itu merupakan kerja keras pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Bagaimana upaya tersebut dilaksanakan, berikut wawancara Bupati Pangkep, Ir Syafrudin Nur MSi dengan peneliti FIPO, Milawaty.


*Bagaimana tanggapan Anda atas keberhasilan meraih award untuk kategori pemerataan ekonomi dan grand award parameter kehidupan ekonomi?
Apa yang kami kerjakan selama ini merupakan suatu kewajiban pemerintahan kepada masyarakatnya. Pelayanan yang diberikan merupakan salah satu faktor yang harus dilakukan pemkab. Meskipun ada apresisasi berbentuk penghargaan dari prestasi yang diraih, itu hanyalah sebuah ikutan dari hasil kerja keras tersebut. Kami melakukan pembangunan di berbagai aspek pada seluruh wilayah di Kabupaten Pangkep. Apa yang dirasakan warga di kota, diharapkan dirasakan masyarakat di pelosok meskipun secara bertahap.

* Kebijakan yang ditempuh dibidang pertanian?
Berbagai kebijakan dilakukan dalam empat tahun belakangan ini. Mulai dari pembangunan irigasi desa dan irigasi Tombolo yang dananya bersumber dari APBD setempat. Pencarian sumber air yang baru untuk irigasi, pemberian benih gratis bagi petani miskin, peningkatan distribusi pupuk, serta memberikan bantuan hand tractor, pompanisasi, bantuan ternak di beberapa wilayah untuk mengganti fungsi tractor sebagai dampak kenaikan BBM yang dinilai menyulitkan petani.

* Apa yang diharapkan dari program Otonomi Award di tahun mendatang?
Program Otonomi Award yang pertamakalinya di regional Sulawesi ini, dinilai tepat, apalagi untuk merangsang pertumbuhan pembangunan di wilayah ini. Dalam era otonomi, setiap kabupaten mempunyai cara sendiri sesuai dengan kondisi masyarakatnya dan geografisnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

*Selain award dan grand award, Pangkep juga meraih nominasi di berbagai kategori. Kebijakan apa yang akan ditempuh agar nominasi menjadi lebih baik pada penilaian di tahun berikutnya?
Meski bukan tujuan utama mengejar nominasi, tetapi beberapa sektor memang terus akan ditingkatkan terutama dalam bentuk pelayanan , bantuan hingga pemenuhan fasilitas publik.

* Otonomi award 2010 mendatang, adakah target yang diharapkan?
Kami tidak memasang target. Tapi kerja lebih keras dan lebih baik lagi dalam melayani masyarakat untuk berbagai aspek kehidupannya. Dengan kerja keras yang ikhlas kami yakin, akan membuahkan hasil yang gemilang. Kalau masyarakat sudah mencapai kesejahteraan dan pemerataan pembangunan, itulah tujuan yang akan dicapai dalam menjalankan pemerintahan ini. (@)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar